Jerami Sebagai Alternatif Pengganti Bahan Baku Kertas

Melihat dari tahun ke tahun prospek industri kertas sangat diminati para investor dalam / luar negeri. Mengingat hal tersebut maka kebutuhan serat sebagai bahan baku akan meningkat.

Kenaikan akan serat diperlukan agar dapat mendukung sasaran produksi kertas industri yang selanjutnya menunjang pertumbuhan ekonomi secara nasional, juga diharapkan perkembangan industri serat dan kertas berorientasi pada lingkungan dengan teknologi yang memadai. Di samping kelestarian hutan yang tetap dipelihara, maka segala jenis tanaman yang berpotensi serat dapat dikembangkan sebagai sumber bahan baku kertas dengan pengolahan yang ramah lingkungan bertujuan untuk :

Mengurangi polusi.
Mendapatkan sumber serat.
Menciptakan lapangan kerja bagi keluarga.

Pembuatan serat juga bertujuan untuk menunjang kebutuhan atas pulp bahan baku kertas yang berupa serat non kayu yang ramah lingkungan, juga untuk meningkatkan pendapatan para petani atau masyarakat di daerah.

– Keuntungan untuk perusahaan yang akan diperoleh dalam jangka panjang sangat menunjang perusahaan yang hanya mengandalkan waste paper dari para pemulung maupun lainnya yang sewaktu – waktu mengendalikan harga jual waste paper/box.

– Adapun keuntungan bagi masyarakat umumnya para petani akan mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan sumber serat non kayu yang selama ini dibuang sia – sia dan selanjutnya diolah mejadi pulp setengah jadi untuk dijual.

Sumber bahan baku serat yang sangat melimpah di daerah – daerah pertanian seperti :

  • kelapa sawit merupakan sumber yang berkualitas baik untuk pembuatan kertas. Pemafaatan ex kelapa sawit antara lain : pelepah, tandan, sekam.
  • Kaso, Perumpung dan Bambu.  Tanaman kaso dan perumpung disebut tanaman perdu yang banyak tumbuh di areal tanah mati maupun dilereng – lereng pegunungan yang hidup secara liar dan mudah didapatkan.
  • Jerami padi. Jerami padi merupakan limbah hasil tani yang selama ini hanya dibakar oleh petani untuk dijadikan sumber serat yang sangat melimpah hingga 2 – 3 kali di musim tanam dalam setahun.

PROSES
Proses pembuatan pulp sangat sederhana yang bersifat ramah lingkungan serta mudah dilakukan oleh petani dan masyarakat pedesaan.

Alat dan bahan :
– kneader alat penggiling jerami
– kapur/soda bahan perendam jerami
– kolam perendam

Jerami hasil panen yang telah terkumpulkan masukan ke dalam kolam redaman, serta ditambahkan kapur/soda. Hasil rendaman ditiriskan lalu digiling dengan kneader, hasil gilingan dijemur hingga kadar air berkurang. Hasil gilingan yang telah dijemur dikemas untuk segera dijual ke perusahaan pendukung.

Proses Pembuatan Pulp Menggunakan Jerami

By : Gunawan Surya

4 thoughts on “Jerami Sebagai Alternatif Pengganti Bahan Baku Kertas

  1. pak gunawan, saya tertarik dengan artikel bapak. Apakah boleh minta kontak bapak supaya kita bisa berkomunikasi? Kebetulan karena saya sedang menyusun tugas akhir untuk s2jurusan bisnis. Terima kasih atas perhatiannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s